Alami Speech Delay, Anak Ini Sudah Bisa Berbicara dengan Jelas- Yoel
Sumber: Jawaban.com

Family / 1 August 2024

Kalangan Sendiri

Alami Speech Delay, Anak Ini Sudah Bisa Berbicara dengan Jelas- Yoel

Lidya Dwi Apriliani Official Writer
578

Yoel adalah salah satu anak didik dari PAUD Holy Kids Pringsewu Lampung. Saat ini ia berusia 6 tahun dan mengalami Speech Delay.  Sehingga inilah yang menjadi pergumulan bagi kedua orangtua Yoel.  

Ketika pertama kali masuk sekolah, Yoel terlihat berbeda dari teman-temannya. Ia tidak bergaul dengan teman-temannya, ternyata Yoel mengalami speech delay atau keterlambatan bicara.  

Yoel belum bisa mengungkapkan perasaannya dan keinginannya, seperti saat ia ingin buang air kecil atau saat ia lapar. Sehingga tidak jarang Yoel BAB di celana sekolahnya. Selain sulit berkomunikasi, hal ini membuat teman-temannya tidak mau mengajaknya berteman.  

BACA JUGA : Sulit Beradaptasi, Anak Ini Menunjukkan Perubahan dalam 6 Bulan

Langkah yang diambil oleh guru PAUD Holy Kids Pringsewu adalah berusaha memberikan pengertian kepada anak-anak lain. Kami juga meminta anak-anak untuk membantu Yoel agar mau berbicara.  

“Kami semua berdikusi dalam mengajar Yoel, tiap guru melontarkan kata-kata positif untuk memotivasi Yoel. Sekalipun ia tidak mampu di awal dan harus ditangani secara khusus, dia tetap kita motivasi secara perlahan dan kita stimulasi dengan pembelajaran video interaktif dari kurikulum Super5...” ungkap salah satu guru Yoel. 

Kegiatan sekolah dimulai dengan renungan pagi dan membaca super ayat dari kurikulum Super5. Anak-anak diajak berdoa untuk Yoel agar ia bisa belajar berbicara dan mengungkapkan keinginannya. 

Hingga suatu hari, Yoel terlihat sangat tertarik saat anak-anak mendengar firman Tuhan tentang Penciptaan dengan tema pelajaran Binatang. Ia mulai bertanya dan mengulang cerita dengan bahasa yang kurang jelas. Namun guru dan teman-teman tetap berusaha untuk memahami apa yang ia sampaikan dan mengapresiasinya.  

BACA JUGA :Satu Semester Berlalu, Kegiatan Ini yang Membuat Kayla Suka Bersekolah

Mulai saat itu, Yoel terlihat semakin bersemangat untuk belajar bersama teman-temannya. Yoel terus dimotivasi untuk berlatih mengucapkan kata-kata dan berinteraksi dengan teman-temannya. 

Setelah 3 tahun belajar bersama PAUD Holy Kids, Yoel mengalami banyak perubahan dan siap untuk menyambut musim baru di sekolah dasar. Orangtua dan guru-gurunya sangat bersyukur, Yoel sekarang memiliki lebih banyak kosa kata yang dapat diucapkan dengan jelas.  

Ia sudah mampu mengungkapkan keinginannya dan perasaannya dengan baik. Yoel juga mampu berteman dengan baik, mengungkapkan kemarahan saat diganggu, merasakan sakit, dan menjadi anak yang tertib. “Melalui Super5, Tuhan Yesus yang baik telah menolong tumbuh kembang Yoel. Sehingga sekarang dia sudah mulai berbicara dengan jelas. Terima kasih Super5!” 

Yoel merupakan salah satu dari ribuan anak yang CBN layani lewat Program Super5. Mari bergabung bersama kami untuk melayani anak-anak di daerah  Terdepan, Terluar dan Tertinggal lewat pendidikan dan jadilah berkat bagi mereka! 

DONASI SEKARANG! 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami